Hindari 5 Makanan ‘Sehat’ Ini

0
193

JURNALPLUS.COM-Masih banyak orang yang belum menyadari jika makanan yang selama ini dianggap sehat untuk tubuh ternyata tidak seperti kenyataan.

Ini terjadi lantaran tidak sedikit dari produk makanan yang mengklaim telah membuat olahan dengan rendah lemak, tidak ada tambahan gula atau berbahan alami. Namun sering kali makanan ini penuh dengan bahan-bahan berbahaya.

Ahli gizi Tammy Lakatos Shames memberikan tips makanan yang harus diwaspadai. Seperti dilansir Daily Mail, ada 5 makanan yang harus diwaspadai.

  1. Smoothies
    Smoothies bisa menjadi pilihan sehat jika Anda membuatnya sendiri. Namun, Lakatos Shames mengatakan banyak dari minuman yang didapat tidak sehat untuk Anda. “Ini karena tingginya kalori, terdapat banyak buah yang berkonsentrasi pada kalori dan gula,” beber dia.
  2. Sushi
    Sama seperti dengan jus buah, Lakatos Shames mengatakan sushi bisa menjadi tepat jika Anda memilih pilihan sehat, seperti dengan protein dan sayuran.

    “Sulit untuk mendapatkan banyak serat atau untuk mendapatkan vitamin dan mineral dari sushi. Plus Anda perlu berhati-hati dengan ikan mentah karena Anda bisa benar-benar sakit,”

    3. Yogurt
    Yogurt sering dipandang sebagai alternatif yang lebih sehat dasri es krim dan itu bisa menjadi hit. Banyak toko-toko melayani untuk memberi pilihan yogurt beku yang memiliki tinggi gula dan lemak.
    Lakatos Shames mengakui bahwa hal itu hanya kesenangan saja dan sesuatu yang perlu diwaspadai dan waspada juga ketika yogurt diberi topping dengan permen dan coklat

    “Jika Anda memilih rendah lemak atau pilihan bebas lemak, Anda memiliki kesempatan lebih sedikit makan sesuatu yang akan menyumbat arteri Anda,” ujarnya.

    4. Sereal
    Sereal sering dicap sebagai bagian dari sehat, sarapan yang seimbang. Namun pada kenyataannya, banyak merek yang populer sebenarnya penuh bahan-bahan yang tidak sehat.

    “Kecuali Anda memilih opsi gandum, sereal dapat menyebabkan lonjakan gula darah yang melepaskan insulin dan yang sedang berulang setiap hari dan ini tidak baik untuk tubuh Anda,” kata Lakatos Shames.

    5. Jus Buah
    Lakatos Shames mengatakan Anda masih bisa mendapatkan dosis antioksidan dari minum segelas jus buah, tapi tidak seperti ketika Anda makan buah utuh, di mana kalorinya lebih terkonsentrasi.

    “Otak tidak mengimbangi kalori karena mereka begitu terkonsentrasi seperti dengan seluruh buah dan kadar gula darah langit roket Anda,” ujarnya.

    Makan buah-buahan utuh dan sayuran lebih disukai dan jika Anda melakukannya jus, hindari menambahkan gula ekstra dengan menempatkan dalam madu untuk meminimalkan kalori.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here