Nugget Ayam Sehat untuk Anak

0
240

JURNALPLUS.COM-Banyak orang memilih membeli nugget sebagai menu pelengkap sarapan atau bekal anak sekolah. Padahal, membuatnya tidak sulit dan yang paling penting kaum ibu akan lebih aman memberi asupan untuk anak karena menggunakan bahan yang terjaga kebersihannya.  Tentu efektif kesehatan anak akan tetap terjaga.

Lalu bagaimana cara membuat nugget ayam ini? Seperti dilansir Foxnews,  berikut cara mudah membuat santan yang lezat untuk anak dan keluarga.

Sebagai catatan, proses membuat nugget ini,  para ibu juga bisa melibatkan anak, terutama saat mereka libur sehingga akan membuat keluarga semakin harmonis.

Bahan-bahan:

450 gram dada ayam tanpa tulang dan tanpa kulit, potong dadu
¼ gelas air dingin
2 sdt garam
2 sdt madu
1 sdt bubuk bawang bombay
1 sdt mustard
1/2 sdt lada hitam
1/2 sdt bubuk bawang putih
1 butir telur, kocok
150 gram tepung terigu (siapkan tambahan tepung terigu secukupnya)
2 sdm tepung jagung
½ gelas air soda dingin

Cara membuat:
Masukkan ayam ke dalam mangkuk food processor, tambahkan air, garam, madu, bubuk bawang bombay, mustard, lada hitam, dan bawang putih. Aduk hingga rata.

Gulung adonan ayam menjadi bola-bola seukuran bola ping pong atau bentuk adonan sesuai selera. Bisa juga sesuai keinginan anak. Kemudian susun di atas loyang yang telah dilapisi kertas roti atau plastik.

Tutup bola-bola dengan plastik dan tekan hingga adonan ayam memipih dengan ketebalan ½ sampai 1 inci. Simpan di dalam freezer agar adonan bersatu dan beku.

Membuat tepung: campurkan tepung terigu, tepung jagung, garam, merica dan telur yang telah dikocok, aduk rata. Tambahkan  air soda dingin, aduk kembali hingga tercampur rata.

Keluarkan nugget ayam dari freezer. Lapisi nugget ke dalam tepung terigu tambahan. Celupkan nugget ke dalam adonan sampai terlapisi seluruhnya, dan susun di atas piring. Goreng nugget hingga kecoklatan dan renyah. Tiriskan dan sajikan selagi hangat.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here