Efek Aluminium Foil pada Makanan

0
216

JURNALPLUS.COM– Saat ini banyak makanan yang dibungkus dalam aluminium foil. Selain praktis, juga dianggap mampu menjaga cita rasa makanan. Benarkah?

Berdasarkan penelitian, seperti dilansir Foodbeast, makanan yang dibungkus dengan aluminium foil dapat menyebabkan berbagai macam penyakit, terlebih jika dimasukkan ke dalam oven, di mana aluminium foil akan larut ke dalam makanan seperti memasak.

Efeknya dapat menyebabkan alzhaimer, yakni lambatnya pertumbuhan sel otak dan memperparah pasien yang memiliki penyakit tulang atau gangguan ginjal. Sementara, hampir semua ibur rumah tangga juga tidak menyadari jika aluminium foil ini tidak hanya terdapat pada kertas timah, juga pada panci dan peralatan masak lainnya yang mengandung logam, meski dalam peralatan tersebut teroksidasi dan dilapisi.

Lalu bagaimana cara mengatasi masalah ini? Jika para ibu memasak air, maka harus dilakukan hingga mendidih, sebelum panic atau peralatan masak lainnya digunakan pertama kali. Cara ini dianggap bisa membentuk lapisan menjadi solid dan mencegah lapisan menipis dengan cepat. Para peneliti juga menyarankan agar tidak menggunakan aluminium yang tidak teroksidasi.

Peneliti menemukan peningkatan suhu dan tingkat pH berkontribusi terhadap tingginya peluluhan alumunium. Pada penyimpanan makanan dengan suhu dingin, sebaiknya makanan disimpan dalam jangka waktu tertentu sebelum aluminium larut dengan makanan.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here