Jauhi Diabetes dengan Pemanis Alami

0
171

JURNALPLUS.COM– Diabetes menjadi penyakit yang meresahkan. Itu tak lain karena pola makan dan hidup yang tak teratur. Nah, jika mau terbebas dari penyakit itu, mulailah mengubah kebiasaan yang sudah dilakukan. Salah satunya mengurangi konsumsi gula.

Boleh saja mengonsumsi gula asal sesuai aturan. Untuk wanita misalnya, gula sebaiknya tidak dikonsumsi lebih dari enam sendok teh. Bagaimana dengan pria? Gunakanlah sembilan sendok the, tidak lebih.

Memang untuk menakar jumlah gula yang dikonsumsi tidaklah mudah. Untuk mengganti gula dengan pemanis alami. Seperti dilansir WebMd, berikut ini pengganti gula yang baik untuk kesehatan.

1. Madu
Seperti diketahui, madu memiliki rasa manis yang alami. Penelitian dari Penn State College of Medicine menjelaskan madu yang diberikan sebelum tidur dalam dosis kecil bisa mengatasi batuk malam hari dan kurang tidur di antara peserta anak-anak. Madu juga berperan menjaga bakteri usus yang sehat dan membantu meningkatkan kekebalan tubuh.

2. Truvia Nectar
Truvia Nectar merupakan campuran madu dan daun stevia. Makanan ini dinilai memiliki rasa yang sama seperti madu dan gula. Untuk menikmatinya bisa dengan mencampur dengan kopi, teh, oatmeal, yogurt dan buah. Satu sendok teh truvia nectar memiliki 20 kalori dan 4 gram gula.

3. Sirup maple
Kandungan mineral pada sirup maple mampu meningkatkan produksi energi dan antioksidan. Selain itu, sirup yang digunakan pancake ini juga mengandung nutrisi riboflavin, seng, polifenol yang bisa membantu mengurangi peradangan. Satu sendok teh sirup maple murni memiliki 17 kalori dan 5 gram gula.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here