Mitos dan Fakta tentang Diet Vegetarian

0
121

JURNALPLUS.COM-Banyak orang salah dalam mengaplikasikan diet vegetarian dan itu berlangsung selama bertahun-tahun. Lalu bagaimana diet vegetarian yang sebenarnya?

Seperti dilansir Times of India, ada mitos dan fakta yang harus diketahui sebelum menjalani diet vegetarian ini.

1. Protein
Mitos: Vegetarian tidak mendapatkan cukup protein.
Fakta: Nah, ada saatnya ahli gizi dan ahli diet mengatakan bahwa vegetarian mendapatkan banyak protein. Apa yang tidak mereka dapatkan adalah jumlah protein yang berlebihan yang ditemukan dalam makanan modern yang khas.

Jika Anda mengonsumsi berbagai macam buah-buahan, sayuran, biji-bijian dan kacang-kacangan, maka Anda mendapatkan cukup protein dan itu tidak menjadi masalah.

2. Kalsium
Mitos: Vegetarian tidak mendapatkan cukup kalsium.
Fakta: Mitos ini telah diterapkan, khususnya kepada vegan yang telah menghilangkan produk susu dari makanan mereka. Entah bagaimana, gagasan tersebut berawal dari pernyataan bahwa satu-satunya sumber kalsium yang baik adalah susu dan keju.

Memang, susu memiliki persediaan kalsium yang baik, tapi begitu juga sayuran, terutama sayuran hijau dan berdaun. Jadi, yang benar adalah vegetarian kurang menderita osteoporosis (kekurangan kalsium yang menyebabkan tulang lemah) karena tubuh mengasimilasi kalsium yang mereka makan dengan lebih mudah selama pencernaan.

3. Diet seimbang
Mitos: Diet vegetarian tidak seimbang, jadi mereka mempertaruhkan kesehatan untuk prinsip mereka saat berdiet.

Fakta: Pertama-tama, diet vegetarian tidak seimbang. Ini memiliki proporsi yang baik dari semua karbohidrat kompleks, protein, dan lemak – tiga nutrisi makro yang merupakan batu penjuru dari diet apapun.

Plus, sumber makanan vegetarian (tanaman) cenderung menjadi sumber nutrisi mikro yang paling tinggi. Cara lain untuk melihatnya adalah; rata-rata pemakan daging mengkonsumsi satu atau lebih sedikit porsi sayuran dalam sehari dan tidak ada porsi buah. Jika pemakan daging makan sayur, kemungkinan itu adalah kentang goreng. “Tidak seimbang” bergantung pada perspektif Anda.

Fakta: Pernyataan ini membuat anggapan bahwa protein dari tumbuhan tidak sebagus protein dari daging. Yang benar adalah, protein adalah protein. Semuanya terbuat dari asam amino. Anak-anak membutuhkan 10 asam amino esensial untuk tumbuh dan berkembang dengan baik. Asam amino ini tersedia pada tanaman seperti pada daging.

4. Daging
Mitos: Manusia dirancang untuk makan daging.
Fakta: Kendati manusia mampu mencerna daging, anatomi manusia jelas lebih menyukai makanan nabati. Sistem pencernaan manusia mirip dengan pemakan tumbuhan lainnya dan sama sekali tidak seperti karnivora.

Argumen bahwa manusia adalah karnivora karena kita memiliki gigi “anjing” mengabaikan fakta bahwa pemakan tumbuhan lainnya memiliki gigi “anjing”, dan pemakan tumbuhan hanya memiliki gigi molar. Akhirnya, jika manusia dirancang untuk makan daging, manusia tidak akan menderita penyakit jantung, kanker, diabetes, dan osteoporosis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here